"Selamat Datang di Laman Kami, Hub ; HP/WA; 0813-7512-0949, IG; @jasa_produk_ | "Siapa Yang Berbuat Jujur dan Terpercaya Niscaya Akan Mendapat Keberkahan dan kemuliaan (HR.Tarmidzi)"

Kamis, 18 September 2014

Pengelolaan Pelayanan Kebidanan tentang Evaluasi dan Monitoring

MAKALAH.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Evaluasi merupakan bagian yang penting dari proses manajemen, karena dengan evaluasi akan diperoleh umpan balik (feed back) terhadap program atau pelaksanaan kegiatan. Tanpa  adanya evaluasi, sulit rasanya untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan yang direncanakan itu telah mencapai tujuan atau  belum. Banyak batasan tentang evaluasi, secara umum dapat dikatakan bahwa evaluasi suatu proses untuk menilai atau menetapkan sejauh mana tujuan  yang telah ditetapkan tercapai.
Evaluasi adalah membandingkan antara hasil yang telah dicapai oleh suatu program dengan tujuan yang direncanakan. Menurut kamus istilah manajemen evaluasi ialah suatu proses bersistem dan objektif menganalisis sifat dan ciri pekerjaan didalam suatu organisasi atau pekerjaan.
1.2.  Rumusan Masalah
Tanpa adanya evaluasi dan monitoring sulit rasanya untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan yang direncanakan itu telah mencapai tujuan dan belum.
1.3.  Tujuan Pembahasan
  1. Mengetahui sejauh mana tujuan yang direncanakan telah tercapai
  2. Mengevaluasi kegiatan-kegiatan pelayanan kebidanan
  3. Memantau atau memonitor program pelayanan kebidanan.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Evaluasi
2.1.1        Pengertian
Evaluasi adalah menilai kegiatan yang telah dilaksanakan, apakah telah mencapai sasaran atau belum, bila hasil belum mencapai sasaran, perlu pengkajian ulang kembali.
Evaluasi merupakan bagian yang penting dari proses manajemen, karena dengan evaluasi akan diperoleh umpan balik (feed back) terhadap program atau pelaksanaan kegiatan. Tanpa adanya evaluasi, sulit rasanya untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah tercapai. Evaluasi adalah membandingkan antara hasil yang telah dicapai oleh suatu program dengan tujuan yang telah direncanakan. Menurut kamus istilah manajemen evaluasi ialah suatu proses bersistem dan objektif menganalisis sifat dan ciri pekerjaan di dalam suatu organisasi atau pekerjaan. Levely (1973) mengatakan ”to evaluation is to make a value judment, it involves comparing something whit anther ang then making either choice or action decision”
Sedangkan menurut perhimpunan ahli kesehatan Masyarakat Amerika, evalusi adalah suatu proses untuk menentukan nilai atau jumlah keberhasilan dan usaha pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan. Proses tersebut mencakup kegiatan-kegiatan : memformulasikan tujuan, identifikasi kriteria yang tepat untuk mengukur keberhasilan, menetukan dan menjelaskan derajat keberhasilan, dan rekomendasi untuk kelanjutan aktivitas program.
2.1.2        Langkah –langkah dalam Kegiatan Evaluasi
Dari batasan-batasan tersebut dapat disimpulkan bahwa proses atau kegiatan, dan dalam kegiatan evaluasi itu mencakup  langkah-langkah :
  1. Menetapkan atau memformulasikan tujuan evaluasi, yakni tentang apa akan dievaluasi terhadap program yang akan dievaluasi.
  2. Menetapkan kriteria yang akan digunakan dalam menentukan keberhasilan di program yang akan dievaluasi.
  3. Menetapkan cara atau metode evaluasi yang akan digunakan.
  4. Melaksanakan evaluasi, mengolah dan menganalisis data atau hasil pelaksanaan evaluasi tersebut.
  5. Menetukan keberhasilan program yang dievaluasi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan tersebut, serta memberikan penjelasan-penjelasannya.
  6. Menyusun rekomendasi atau saran-saran tindakan lebih  lanjut terhadap progaram berikutnya berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
Dilihat dari implikasi hasil evaluasi bagi suatu program, dibedakan adanya jenis evaluasi, yakni evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif dilakukan untuk mendiagnosis suatu program. Biasanya evaluasi formatif dilakukan pada proses program (program masih berjalan).
Sedangkan evaluasi sumatif adalah suatu evaluasi yang dilakukan untuk menilai hasil akhir dari suatu program. Biasanya evaluasi sumatif ini dilakukan  pada waktu program telah selesai (akhir program). Meskipun demikian pada praktek evaluasi program sekaligus mencakup kedua tujuan tersebut.
2.1.3        Jenis –jenis Evaluasi
Ø      Evaluasi Formatif
Dilakukan untuk mendiagnosis suatu program yang hasilnya digunakan untuk pengembangan atau perbaikan program. Bisanya evaluasi formatif dilakukan pada proses program (program masih berjalan)
Ø      Evaluasi Sumatif
Suatu evaluasi yang dilakukan untuk menilai hasil akhir dari suatu program. Biasanya evaluasi sumatif ini dilakukan  pada waktu program telah selesai (akhir program).
2.2  Monitoring
Monitoring adalah pemantauan program yang dilakukan sejalan dengan evaluasi, dengan tujuan agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan program tersebut, berjalan sesuai dengan yang direncanakan, baik wakatunya maupun jenis kegiatannya.
Dalam monitoring tidak dilakukan penilaian seperti pada evaluasi, tetapi hanya mengamati dan mencatat. Apabila terjadi ketidak sesuaian antara kegiatan dengan yang direncanakan dilakukan koreksi. Demikian pula apabila terjadi ketidakcocokan  antara penggunaan sumber daya (biaya, tenaga, dan sarana) dengan yang direncanakan dilakukan pembetulan. Oleh sebab itu, dalam prakteknya monitoring atau pemantauan ini kadang-kadang diidentikkan  dengan evaluasi proses dari suatu program.

BAB III
PENUTUP
3.1              Kesimpulan
Evaluasi dan  monitoring bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan yang direncanakan dalam pelayanan kebidanan telah mencapai atau belum.
3.2              Saran
·      Dengan adanya makalah ini diharapkan mahasiswi kebidanan   dapat mengevaluasi program pelayanan kebidanan.
·      Diharapkan kepada Mahasiswi kebidanan dan tenaga medis untuk bisa memonitor program pelayanan kebidanan.
·      Dan disarankan untuk bisa mengetahui sejauh mana proses dan juga hasil akhir pencapaian dari tujuan yang telah direncanakan untuk bisa  melakukan evaluasi yang lebih baik.



Untuk berbagi share file utuh dan lengkap, Call /sms kami di  0813 7512 0949 (Rahmad)  file akan langsung kami  kirim ke email anda. Berbagi_ilmu.com  terima kasih
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar